9 Kegiatan Masjid Brigjen Soegiyono

Masjid adalah tempat yang tepat bagi orang yang ingin beribadah dan mengejar amalan karena pahalanya dilipatgandakan. Berbagai kegiatan di Masjid yang diikuti oleh berbagai masyarakat dari penjuru daerah manapun. Bahkan kegiatan ini sudah ada dari dahulu dan pastinya tiap tahun mengadakan kegiatan keagamaan tersebut.

Salah satunya yakni Masjid Brigjen Soegiyono yang merupakan Masjid dilingkungan Balai Among Tani Pemerintah Kota Batu yang memiliki serangkain kegiatan keagamaan yang sudah diselenggarakan takmir dan pastinya dari pengurus Masjid tersebut memfasilitasi berbagai macam kegaiatan. Berikut ini serangkaian kegiatan yang disajikan.

1.Kajian Tematik Selasa Kamis

Kajian iniĀ  merupakan kegiatan unggulan dan salah satu kegiatan amaliyah yang mendapat sambutan hangat dari umat Muslim khususnya bagi ASN dilingkungan Pemerintah Kota Batu. Jika Anda sempat mampir ke Masjid Brigjen Soegiyono Anda akan menyaksikan jamaah ASN berduyun-duyun dijam Istirahat dengan rapi melaksanakan sholat dhuhur berjamaah dilanjutkan tausiyah tematik oleh para Ustadz

Bunyi adzan dari Pak Jupri Laksana mengiringi mereka, serta diselingi dengan nasehat-nasehat agama yang dipandu oleh ustadz.

2. Kajian Malam Bakdha Magrib

Selain menggelar kegiatan kajian tematik, Masjid Brigjen Soegiyono ada kajian rutin malam bakda maghrib . Semua jamaah yang ikut kajian mengikut setiap malam di Hari Senin, Rabu dan Jum’at. Untuk melayani dan memenuhi materi yang disampaikan, hari senin mengkaji KItab Hadis Riyadhus Solihin karya besar Imam Nawawi, Hari Rabu membahsa Tafsir Sowi dan Hari JUm’at Membahsa tentang Akidah dan Akhlaq dengan bermacam fariasi ustadz baik dari golongan tokoh agama Kyai, ustadz dan kademisi

3. Tadarus Al Quran

Kegiatan tadarus dilaksanakan pada bulan suci ramadhan dilakukan oleh sekolah-sekolah di Kota Batu tingkat SMP/Mts atau SMA/MA di wilayah Kota Batu

4. Gerakan Sholat Shubuh Berjamaah

Para Jamaah akan diajak untuk salat Subuh berjamaah, sehabis salat mereka diberi pencerahan berupa kuliah subuh sampai menjelang terbit matahari. Materi yang diberkan oleh para ustadz dan mubaligh.

5. Sholat Jum’at Berkah

Kegiatan amaliyah lainnya yakni ‘Sholat Jum’at’ yang dilaksanakan setiap setiap hari Jum’ah. Setelah khotib naik mimbar dan tausiyah oleh Kyai/Ustadz sekitar 20 menit, para jamaah melaksanakan sholat Ju’at berjamaah.

6. Masjid BS Bernuzulul Qur’an

Tepat pada malam 17 Ramadan 1439 H, diselenggarakan acara memperingatu turunnya Kita Suci Al-Qur’an secara sederhana dan khidmat. Bulan Ramadan adalah ‘Syahrul Qur’an’atau bulan Al-Qur’an oleh karenanya kita semua diperntahkan membaca dan memahami Al-Qur’an, khsusunya pada bulan Ramadan.

7. Masjid BS Berqiyamul-Lail

Malam sepertiga terakhr di Bulan Ramadan adalah malam yang penuh harapan yang membuncah bagi para shaimin yang mukhlis, karena pada satu malam tersebut, shaimin Insya Allah dapat berjumpa pada ‘Lailatul Qadar’, adalah satu malam yang lebih baik dari seribu malam.

8. Masjid BS Berlatih Memanah

Kegiatan ini adalah kegiatan bagi remaja masjid dan generasi muda untuk berlatih memanah. Kegiatan ini dilaksanakan tiap hari Sabtu Pagi maupun diwaktu sore ketika istirahat.Para Jamaah dan takmir dituntun bagaimana memanah dengan baik dan benar

9. Masjid BS Berlatih Rukyah Syar’iyah

Secara berkala di Masjid Brigjen SOegiyono dilaksanakan pengobatan rukyah syari. dilakukan 2 hari yaitu hari sabtu dan minggu Hari pertama diawali dengan tausiyah dalam rangka tazkiyatun nafs hari kedua diajarkan bagaimana melakukan bekam yang benar dan rukyah mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *