PEMBINAAN IMAM DAN MUADZIN 2018

KOTA BATU. Bagian Administrasi Kesra dan Sosial Setda Kota Batu menggelar pembinaan imam masjid dan muadzin se Kota Batu, Selasa(24/4). Pengurus LPTQ Propinsi Jawa Timur KH. Muhammad Fuad  dalam pidatonya mengatakan, dalam dunia apapun, ketika yang terlibat lebih dari satu apalagi banyak orang, diperlukan adanya pemimpin yang memberikan arahan dan bimbingan.
“Salah 1 fungsi utama masjid adalah sebagai tempat melaksanakan peribadatan, khususnya shalat berjamaah 5 waktu. Secara harfiyah, Imam artinya pemimpin atau orang yang diikuti,” katanya. Menurutnya, dalam perkembangan masyarakat sekarang terdapat 2 Imam yakni Imam dalam kepengurusan masjid dan Imam dalam shalat berjamaah. Idealnya memang menyatu, tapi keterbatasan yang sedemikian besar membuat diperlukannya kepemimpinan kolektif, termasuk di dalam masjid.
“Imam masjid bukanlah sekedar berfungsi sebagai pemimpin dalam shalat berjama’ah, sebagai imam shalat merupakan salah satu fungsinya,” ujarnya. Ditambahkannya, ada beberapa peran dan fungsi imam masjid yang harus diwujudkan seperti ; pemersatu Ummat Islam, menghidupkan semangat musyawarah, membentengi aqidah Ummat, menjadi uswah bagi jamaah, menjadi rujukan dalam masalah keislaman dan membangun soliditas jama’ah.
Sementara itu, Plt. Setda Kota Batu Dr. Alwi, M.Hum  dalam laporannya mengatakan kegiatan pelatihan diikuti 200 orang terdiri dari 75 imam dan 75 muadzin, 25 Kaur Kesra dan 25 tokoh masyarakat dari 3 Kecamatan yang ada di Kota Batu. “Dalam penyampaian materi pelatihan, kita bagi dalam 2 babak, pembukaan dan materi. dalam sesion tanya jawab ada 4 penanya menandakan kegiatan antusias diikuti dengan baik. Beliau juga menyinggung bahwa pembinaan ini bukan untuk menggurui namun hendaknya digunakan sebagai wadah silaturahmi dan tolabul ilmi saling mengingatkan dalam kesabaran dan kebenaran. Terkait hibah operasional beliau menyampaikan akan dikaji ulang dengan cara yang benar dan akan dituangkan dalam APBD Perubahan, sehingga para takmir diharapkan bersabar “Kita perbaiki bersama-sama bagaimana kita masuk dipintu yang benar dan selamat” katanya. .(adz/rb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *