SOP SURAT MASUK KESRA

  1. Sistem Operasional Prosedure

Prosedur adalah serangkaian tugas yang saling berhubungan, yang merupakan Prosedur urutan menurut waktu dan cara tertentu untuk melaksanakan pekerjaan yang harus diselesaikan,  prosedur merupakan rencana yang penting dalam tiap bagian perusahaan.

  1. Pengelolaan

Pengelolaan adalah proses yang membantu merumuskan kebijakan dan tujuan organisasi atau proses yang memberikan pengawasan pada suatu hal yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan dan pencapaian tujuan .

  1. Surat masuk

Surat masuk adalah semua jenis surat yang diterima dari instansi lain dari perorangan, baik yang diterima melalui pos (kantor pos),  maupun yang diterima melalui kurir (pengiriman surat).

  1. Surat keluar

Surat keluar adalah segala komunikasi tertulis yang diterima oleh suatu badan usaha dari intansi lain

perorangan.

Bahwa prosedur pengolahan surat masuk dan surat keluar adalah pekerjaan surat menyurat yang harus dilakukan secara tertata dan berurutan dengan kegiatan yang utama yaitu mengelola, mengatur, dan mengurus surat menyurat agar dapat memperlancar administrasi intansi tersebut.

  1. Fungsi Surat

Surat berfungsi sebagai  berikut:

  1. Wakil dari pengiriman / penulisan.
  2. Bahan Pembuktian.
  3. Pedoman dalam mengambil tindakan lebih lanjut.
  4. Alat pengukur kegiatan organisasi
  5. Bahan pengingat, surat mengingatkan seseorang dalam kegiatan atau aktivitasnya di masa lalu yang bisa dipergunakannya untuk melakukan kegiatan selanjutnya baginya.

web9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *