Bingkai Hati Spesial ATV Batu

habib alhabsy

Habib Alhabsy dalam rangkaian Hari Jadi Kota Batu di Masjid Besar Annur menyampaikan tausiyahnya dalam acara yang dikemas dalam Bingkai Hati program rutin ATV Agropolitan dihadapan jamaah (21/10/2015). Kesibukan kita sehari hari kadang kadang melupakan kita akan tujuan kita didalam kehidupan ini. Yang penting bagi kita bekerja. Tetapi kita acap kali kurang menyadari apa yang kita cari dalam hidup ini. Orang Cina mencari tiga hal, yakni : Siu, Hok dan Lok. Umur panjang, rezeki banyak dan kedudukan tinggi. Apa itu yang kita cari ? Bukan tidak boleh. Namun itu bukan tujuan utama kita. Orang Barat mencari tiga hal juga, yaitu : Status, Power and Prosperity. Apa itu pula yang kita cari ? Bukan tidak boleh. Sekali lagi, bukan itu yang utama kita cari. Apakah sandang pangan dan papan ? Bukan itu yang kita cari, That’s not the ultimate goal.

Kesemuanya itu berakar dari pemikiran Materialistis. Ada pula yang mengatakan : Life is but holes. Maksudnya ialah bahwa kita melihat dengan lubang mata, makan dengan lubang mulut, bernafas dengan lubang hidung, mendengar dengan lubang telinga. Kita bekerja untuk mengisi lubang kantung. Kita tinggal didalam rumah berupa lubang dan akhirnya satu waktu kita akan memasuki lubang kubur, itulah kehidupan kita, And That’s life.

Didalam legenda orang Pasundan ada ceritera Kabayan . Ketika satu waktu Kabayan ditanya orang : “ Mau kemana Kabayan ?” Dijawab :” Mau keladang !” Ditanya lagi :” Untuk apa engkau pergi keladang Kabayan?” Dijawab :” Untuk menggali lubang !” “Buat apa engkau menggali lubang Kabayan?” tanyanya lagi. “Untuk menanam pisang !” “Buat apa menanam pisang Kabayan ?” Buat Dimakan tentunya!” Jawab Kabayan. “Buat apa engkau makan kebayan ?” dijawab : “Buat tambah tenaga!” “ Dan buat apa menambah tenaga Kabayan?” dijawab lagi : “Untuk menggali lubang !??

Itulah si Kabayan dan kadang kadang juga ulah kita. Oleh Karena itu, sebagai orang Muslim kita perlu untuk mengenal makna kehidupan ini dari sudut Islam, Untuk berbicara segala sesuatu tentang Islam, perlu kita tahu bahwa Rasul ALLAH saw. pernah berpesan pada musim Hajji sebelum beliau wafat. Pesan Beliau adalah :

Dua pegangan pokok
تَرَكْتُ فِيْكُمْ اَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا إِنْ تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ .
روَاه البخارى
Artinya :” Telah aku tinggalkan pada kalian dua hal;
yang apabila kalian berpegang pada keduanya, maka kalian tidak akan tersesat, Itulah Al Qur an dan Sunnah Nabinya.” H.R.Bukhari.

ALLAH menyuruh kita untuk memasuki Islam keseluruhannya, jangan sepotong sepotong. Kita baca dalam Al Baqarah (2) : 208.

Jadilah Muslim yang komplit
يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اُدْخُلُوْا فِيْ السِّلْمِ كَافَّةً وَلاَ تَتَّبِعُوْا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِيْنٌ. البقرة (2) : 208
Artinya :” Wahai orang orang yang beriman, masuklah kalian kedalam Islam keseluruhannya. Dan janganlah kalian mengikuti langkah langkah syaithan, karena syaithan adalah musuh kalian yang nyata.”

Mengapa dikatakan memasuki seluruh sektor ke Islaman secara keseluruhan ? Karena Islam adalah :

Islam is not merely a religion, but it is a complete system of life, of how to manage men and nature according to the will of ALLAH.”

Islam bukanlah sekedar agama, tetapi ia adalah sistim hidup yang lengkap, untuk mengelola manusia dan alam semesta sesuai dengan keinginan ALLAH. Dan aktifitas kita tersebut digerakkan oleh sebongkah daging yang namanya Bingkai Hati.

Dalam kesempatan tersebut Habib Ahmad Al Habsy juga menyampaikan hidup sehat dengan minum air yang berkualitas Ajwa. Wallahua’lam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *