SELEKSI FAHMIL QUR’AN MTQ 2019

Juara I dan II dan III Seleksi  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kota Batu akan langsung mengikuti training centre (pemusatan latihan) untuk persiapan menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur Hal tersebut dilakukan, agar mereka dapat lebih matang dan mampu bersaing untuk memperebutkan juara di MTQ tingkat provinsi yang direncanakan akan digelar Oktober.

Kemenag Kota Batu, Drs. Nawawi, M.Hi. mengatakan, semua juara di MTQ Kota Batu tidak akan melalui tahapan seleksi lagi untuk mewakili Kota Batu di MTQ tingkat provinsi. Meski demikian, agar kualitas mereka bisa lebih teruji, pasca pelaksanaan MTQ Kota Batu, para juara akan langsung diikutkan proses pembinaan dan diklat (pendidikan dan pelatihan).

“Saya instruksikan, agar dilakukan pembinaan lanjutan, ada diklat, agar mereka siap untuk memenangkan MTQ tingkat provinsi,” katanya, di Hall Kemenag Kota Batu hari Selasa(23/4/ 2019). Ia bersyukur, pelaksanaan seleksi Fahmil Qur’an  berjalan baik. untuk melatih mental dan kemampuan peserta menjadi lebih baik.

Namun, yang lebih penting daripada itu, ujar dia, para juara MTQ tersebut juga diharapkan bisa berbicara banyak di tingkat Provinsi Jawa Timur. “Kualitas peserta nanti kami akan uji di MTQ tingkat provinsi, kalau secara rata-rata mereka, adalah juara terbaik di tingkat Kota Batu” ujarnya.

Sebetulnya diacara seleksi tersebut dipertandingkan juga cabang Syarkhil Qur’an namun banyak dari peserta yang bersamaan dengan Ujian Nasional UNBK sehingga kegiatan cabang tersebut ditiadakan.

Ia mengatakan, mereka yang akan diikutkan dalam TC, adalah juara I dan II dan III di masing-masing cabang. Dalam pembinaan tersebut, akan dilihat mana yang lebih berpotensi dan itulah yang akan dikirim untuk mewakili Kota Batu. “Pembinaannya berlanjut di akhir bulan April,” tuturnya. Ia menjelaskan, partisipasi di tingkat provinsi memang penting, terlebih dalam sambutannya menargetkan, untuk meraih juara.

Oleh karena itu, diharapkan LPTQ Kota Batu berusaha secara maksimal untuk melakukan pembinaan, agar mencapai target tersebut. “Agar mencapai harapan yang dimaksud . Bukan hanya di tingkat provinsi pembinaan, pembinaan rutin mingguan masing-masing cabang oleh para pembina Kota agar lebih diintensifkan,” katanya.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *